Featured Opini Peristiwa Pontianak 

Ini Asal Usul Nama-nama Parit di Pontianak, Mulai Parit Durhaka Hingga Parit Pangeran

Sejak genangan air merendam sebagian besar wilayah Pontianak, parit menjadi sesuatu yang seksi untuk dibicarakan.

Keberadaannya dinilai penting karena tidak hanya berfungsi sebagai pembuangan saluran air, tapi lebih dari itu, menurut pegiat lingkungan, Demanhuri Gustira parit juga merupakan identitas Kota Pontianak.

“Di Pontianak ada sekitar 3.500 parit baik itu tersier, sekunder, maupun primer, panjangnya sekitar 600 kilo,” katanya, Kamis (18/1/2018).

Parit disebutnya sebagai identitas kota karena tiap parit menunjukkan orang itu dari mana.

Contohnya parit di antara Bansir dan Sepakat hingga Paris, di sana masyarakatnya adalah orang bangka Belitung.

Parit Sungai Putat dinamai demikian karena di sana banyak pohon begitu pula dengan Parit Pangeran, nama itu disematkan karena di sanalah tempat pelarian para pangeran.

“Parit durhaka dinamai demikian karena rata-rata orang Pontianak yang membakar kesultanan, dihukum di sana dengan dibakar. Sedangkan parit Sungai Jawi diberi nama seperti itu karena di sana banyak pohon jawi-jawi,” jelasnya.

Dia mengatakan berdasarkan eksplorasi, dia bisa mengetahui bagaimana peradaban masa lalu parit bisa membentuk identitas.

Parit tidak hanya menjadi saluran air namun juga menunjukkan identitas bahkan parit juga merupakan ruang publik di mana komunikasi antarwarga terjalin.

“Kalau dulu beberapa aktivitas dilakukan di parit, anak-anak mandi dan bermain di sana, bahkan warga juga ketika sore bersantai di sana sehingga tercipta obrolan-obrolan, parit juga menjadi tempat berkomunikasi,” tuturnya.

Namun saat ini dia mengatakan banyak parit yang sudah mengalami penyempitan, apalagi sejak parit di kota direvitalisasi, rata-rata ukuranya menghilang 1 km kiri kanan.

“Parit-parit di kota sudah direvitalisasi sehingga rata-rata kiri kanan menghilang 1 km. Padahal dengan keadaan yang khusus, perlu sangat hati-hati untuk membangun Kota Pontianak,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Leave a Comment