Kalbar 

Komandan Lantamal XII Pontianak Pimpin Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera

Pontianak,PH – Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak melaksanakan upacara peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2019 di Lapangan Apel Mako Lantamal XII Pontianak Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Selasa (15/1/2019). Dengan inspektur upacara Laksamana Pertama TNI Greg. Agung W.D., M.Tr (Han).

Upacara peringatan Hari Dharma Samudera yang dilaksanakan secara rutin oleh TNI AL pada setiap tanggal 15 Januari tersebut hakikatnya sebagai penghormatan terhadap para pahlawan bangsa khususnya para pahlawan laut yang telah gugur dalam pertempuran-pertempuran di laut.

Seperti yang terjadi pada pertempuran Selat Bali, pertempuran Laut Cirebon, Pertempuran Teluk Sibolga dan sekaligus untuk mengenang peristiwa yang terjadi di Laut Arafuru pada 57 tahun silam.

Tanggal 15 Januari yang selanjutnya ditetapkan sebagai Hari Dharma Samudera diambil dari peristiwa pertempuran Laut Arafuru pada tahun 1962.

Dimana hal tersebut merupakan puncak dari perjuangan dan patriotisme putra-putra bahari terbaik dalam mempertahankan negara di Laut NKRI.

Dalam pertempuran tersebut gugur Komodor Yos Soedarso dan tenggelamnya KRI Macan Tutul.

Makna yang perlu diambil dalam peringatan Hari Dharma Samudera adalah mewarisi dan meneladani jiwa patriotisme para pahlawan kita yang penuh semangat heroisme berjuang demi bangsa dan negara.

Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E, M.M. yang dibacakan oleh Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Greg. Agung W.D., M.Tr (Han) menekankan bahwa melalui peringatan Hari Dharma Samudera ini agar kita lebih mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan.

“Yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita sehingga sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan TNI Angkatan Laut yang professional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global” jelasnya.

Nampak hadir pada upacara tersebut, wadan dan para pejabat utama, para kadis dan seluruh anggota Lantamal XII Pontianak dengan susunan pasukan upacara terdiri dari 1 ton pasukan Pamen, 1 ton pasukan Pama, 1 ton anggota PNS, 1 SST pasukan bintara, 1 SST pasukan tamtama dan 1 SST pasukan Yonmarhanlan XII.
(dra)

Artikel Terkait

Leave a Comment