Pontianak 

PONTIANAK SMARTCITY versi Anak Mude Pontianak

Diskusi Lingkar Khatulistiwa Indonesia (LK-IDN) pada Minggu 9 september 2019 di Pontianak, Campus Coffee Untan.

Membahas tentang Pontianak Smart City. Pemuda Pontianak dan sekitarnya berharap ada sinergisitas yang kuat antara masyarakat dan Pemerintah Daerah dalam implementasi konsep Kota Cerdas atau yang sering kita dengar dengan SMARCITY. Telah hadir juga bapak Syamsul Akbar, Kepala Bidang Pelayanan Elektronik dan Telematika Kota Pontianak, Beny Tanheri aktifis kemanusiaan dan lingkungan hidup, M. Merza Berlandy Politisi & pengusaha.

Pak Akbar mewakili pemerintah sekaligus akademisi menjelaskan tentang sejauh mana perkembangan smartcity di Pontianak, sesuai dengan visi misi Wali Kota Pontianak. Pak akbar menegaskan, perlu adanya kolaborasi bersama pemuda Pontianak untuk mewujudkan sebuah kota cerdas.

Bang Beny Tanheri juga menegaskan, anak mude pontianak harus ade karya dan aksi nyata, untuk menyelesaikan masalah yang ada di Pontianak, bukan mengeluh dan update status. Bang Beny sangat dikenal di kalangan masyarakat kota pontianak karena pergerakannya baik di lingkungan hidup, pariwisata, atau kemanusiaan.

Bang Mimi, sapaan Merza Berlandy, pemuda yang fokus di beberapa organisasi wirausaha muda dan juga memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Bang Mimi juga berpesan, jika menjadi Legislatif nanti beliau akan mengembangkan konsep kewirausahaan yang dekat dengan segment anak mude di Pontianak dan akan memperjuangkan anggaran pengembangan usaha untuk anak-anak muda di Pontianak.

 

Ada juga beberapa penggiat startup lokal Pontianak yang hadir, salah satunya adalah Adi Warna, Founder abangdesa.com, salah satu fintech startup yang memiliki kepedulian tinggi kepada desa sesuai singkatan startup mereka Ayo Bangun Desa (Abangdesa). Bang Adi juga mengomentari beberapa sektor ekosistem startup di Pontianak yang terus menerus berkembang.

Pemuda harus menjadi inisiator, sehingga ada banyak inisiasi yang menjadi solusi untuk permasalahan di Kota Pontianak.

Penulis : Indra

Artikel Terkait

Leave a Comment