Kalbar 

Tangkal Hoax, Begini Imbauan Kapolda Kalbar

pontianakhebat.com – Maraknya berita bohong di media sosial menyita perhatian banyak pihak sebab berita bohong atau hoax ini sangat berbahaya. Bahkan, pelakunyapun dapat dipenjara karena telah memberikan informasi tidak benar ke khalayak ramai.

Menyikapi hal ini, Kapolda Kalbar, Didi Haryono secara khusus mengimbau kepada masyarakat Kalimanatan Barat untuk bijak menggunakan media sosial. Disela-sela mengikuti FGD yang dilaksanakan oleh Komunitas Peduli Informasi (KOPI) Kalbar di Golden Tulip, dia memberikan poin penting menangkal hoax.

“Dalam bermedia sosial kita harus bijak menggunakannya. Sebarluaskanlah berita positif, kemudian putus hubungan di media sosial dengan orang yang suka menyebarkan ujaran kebencian dan yang terakhir cermati informasi yang beredar,” katanya, Selasa (27/2/2018).

Dia menambahkan, masyarakat harus menyaring setiap informasi yang ada dan dicari kebenarannya agar tidak ikut-ikutan menyebarkan berita bohong.

Hal senanda dikatakan oleh Edo Sinaga, Sekretaris AJI Pontianak sekaligus relawan Mafindo. Dia mengatakan saat ini sudah tersedia aplikasi untuk mengecek berita bohong atau hoax. “Teman-teman di Mafindo telah membuat aplikasi Hoax Buster Tools yang dapat digunakan untuk mendeteksi hoax,” jelasnya.

Aplikasi pendeteksi hoax tersebut dapat digunakan di android maupun ios. Dia berharap dengan adanya terobosan tersebut maka berita bohong dapat diminimalisir bahkan hilang sekalipun. Apalagi saat ini sedang memasuki tahun politik sehingga sosial media harus dijaga agar tidak digunakan untuk menyebarkan berita bohong.

(pontianakhebat/Oktaviani)

Artikel Terkait

Leave a Comment